Jaga Tubuh Tetap Bugar di Masa Pandemi Dengan Olahraga Berikut

Jaga Tubuh Tetap Bugar di Masa Pandemi Dengan Olahraga Berikut

Dalam masa pandemic corona ini, banyak aktifitas yang harus dilakukan di dalam rumah sehingga membuat kita jarang pergi ke gym atau pusat kebugaran untuk melakukan olahraga. Salah satu solusi yang bisa kita lakukan adalah berolahraga dari rumah atau mungkin melakukan olahraga yang kita bisa atur sendiri masanya. Contoh program olahraga yang efektif di masa pandemic adalah HIIT dan LISS. HIIT sendiri adalah kependekan dari High Intensity Interval Training yang merupakan olahraga kardio yang membutuhkan intensitas tinggi namun hanya dilakukan dalam waktu yang singkat. Sedangkan LISS adalah kebalikan dari HIIT yakni olahraga kardio yang memiliki intensitas yang rendah namun dilakukan dalam durasi yang cukup lama. berikut adalah penjelasan detail dari masing masing program tersebut.

Olahraga HIIT

Jaga Tubuh Tetap Bugar di Masa Pandemi Dengan Olahraga Berikut

HIIT sendiri adalah kependekan dari High Intensity Interval Training yang merupakan olahraga kardio yang membutuhkan intensitas tinggi namun hanya dilakukan dalam waktu yang singkat. Dalam olahraga tipe ini, anda biasanya hanya perlu melakukannya selama 10 sampai 20 menit saja. Namun latihan yang satu ini cukup berat atau bisa dibilang jika latihan ini sama manfaatnya dengan dua kali olahraga dengan intensitas sedang. Pada dasarnya latihan ini tergolong kedalam latihan jenis berat yang memakan waktu cukup singkat namun dapat membuatjantung anda berdetak lebih cepat serta dapat mengeluarkan lebih banyak kalori. Polanya bisa disesuaikan dengan kemampuan fisik anda. Biasanya untuk amatir memulai latihan HIIT dengan intensitas sedang pada awalnya, untuk menyesuaikan fisik yang sudah lama tidak digunakan untuk berolahraga. Kemudian seiring bertambahnya hari dan seringnya latihan kondisi fisik akan meningkat secara bertahap. Lalu di tahap ini anda bisa meningkatkan intensitas latihan anda dari sedang naik ke tinggi. Lama kelamaan tubuh anda akan terbiasa dengan latihan berintensitas tinggi dan nantinya anda tidak akan merasa terlalu lelah. Menurut para pakar kesehatan, latihan HIIT ini disebut sebagai salah satu program olahraga yang cukup efektif untuk membakar lemak dan meningkatkan kebugaran anda. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan dalam program HIIT ini antara lain,

  • Bersepeda

Bersepeda adalah salah satuolahraga yang sangat cocok dan banyak dilakukan selama masa pandemi ini. Bersepeda dengan kecepatan yang tetap akan membuat fisik anda menjadi semakin kuat. Otot kaki dan paha lebih banyak digunakan saat mengayuh sepeda, maka olahraga yang satu ini sangat cocok untuk membentuk otot kaki.

  • Zumba

Zumba merupakan olahraga aerobic yang membutuhkan banyak gerakan yang cukup menguras keringat dan tenaga. Zumba sangat cocok bagi pemula yang baru pertama kali berolahraga setelah sekian lama tidak berolahraga. Dengan diiringi music dari Zumba sendiri akan membuat anda tidak cepat bosan dan tetap terasa terhibur sehingga enjoy dalam berolahraga.

  • Lari Sprint

Lari sprint atau lali cepat dapat membentuk fisik and ajika dilakukan dengan kecepatan yang tetap dan dalam waktu yang disesuaikan. Bagi anda yang baru pertama kali melakukan sprint, disarankan untuk mengambil jarak yang pendek terlebih dahulu agar tidak trauma jika mengalami kelelahan yang begitu hebat.

Olahraga LISS

Olahraga

LISS sendiri adalah kependekan dari Low Intensity Steady State yang berarti kebalikan dari HIIT yakni olahraga kardio yang memiliki intensitas yang rendah namun dilakukan dalam durasi yang cukup lama. Kalau tadi HIIT berolahraga berat tapi dalam waktu singkat, maka LISS adalah lawannya, yakni berolahraga ringan namun dalam jangka waktu yang panjang dan lama. Biasanya LISS dilakukan dalam interval waktu sekitar 20 sampai 45 menit. Walaupun memiliki intensitas yang lebih rendah daripada HIIT, namun LISS memiliki manfaat yang tidak kalah banyaknya dari HIIT. Olahraga LISS sangat berjasa dalam penurunan lemak dalam tubuh anda. Olahraga dengan program LISS ini sangat cocok untuk para pemula yang tidak pernah olahraga dan ingin melakukan olahraga secara spontan. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan dalam program HIIT antara lain.

  • Jogging

Olahraga yang satu ini memang sangat umum dilakukan oleh pemula. Selain mudah, kita juga bisa menentukan sendiri kapan kita harus berhenti dan beristirahat. Jogging dapat membakar lemak jika dilakukan dalam kurun waktu yang sesuai dengan standar program HIIT. Semakin lama olahraga tersebut dilakukan maka akan semakin banyak pula kalori yang terbakar.

  • Renang

Olahraga yang satu ini memang cukup seru dan mengasyikan mengingat olahraga yang satu ini berhubungan dengan air sehingga kita tidak akan terlalu lelah dan juga capek. Kita juga dapat mengatur durasi renang sesuai keinginan dan kemampuan kita. Banyak otot yang dipakai ketika kita melakukan gerakan renang sehingga olahraga yang satu ini cukup menyehatkan.

  • Skipping

Olahraga LISS yang satu ini bisa dibilang olahraga yang cukup simple untuk dilakukan. Anda hanya butuh tali skipping dan mulai melompat selama yang anda mampu. Semakin lama anda melakukan skipping maka akan semakin banyak pula lemak dan lalori yang terbakar.

Sebelum memilih program olahraga mana yang cocok dengan anda, ada baiknya anda mengatur tujuan olahraga anda terlebih dahulu. Jika anda berolahraga dengan tujuan membakar lemak yang banyak, maka program LISS lah yang paling tepat. Karena program yang satu ini cukup ringan namun sangat bergantung dengan durasi pelaksanaannya. Semakin lama anda berolahraga maka akan semakin banyak lemak yang di bakar. Namun jika olahraga anda bertujuan untuk mencegah penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung maka program HIIT lah yang tepat. Ini dikarenakan program HIIT memiliki dampak yang cukup besar untuk kesehatan jantung dan juga penurunan berat badan. Semoga artikel kali ini dapat memberikan informasi yang cukup banyak untuk anda sehingga tidak lagi bingung untuk memilih olahraga mana yang akan anda lakukan.