3 Cara Ampuh Atasi Insomnia

3 Cara Ampuh Atasi Insomnia

Bagi sebagian orang, begadang adalah solusi paling tepat untuk mengerjakan aktivitasnya. Namun biasanya, kebiasaan begadang juga lama kelamaan bisa mendatangkan penyakit sulit tidur. Penyakit tersebut biasa dikenal denga nama Insomnia. Insomnia sendiri adalah situasi di mana orang-orang sulit untuk memejamkan mata dan tertidur. Kesulitan tidur ini juga sangat buruk dampaknya bagi tubuh karena dapat menyebabkan kurang fitnya tubuh seseorang untuk melakukan aktivitas pada keesokan harinya. Namun tidak dapat disangkal lagi, sangat banyak sekali jumlah orang yang sudah mengalami penyakit ini setiap tahunnya. Rata-rata usia penderita berkisar antara 16 tahun sampai 20 tahun ke atas.  Banyak orang yang memang masih menganggap sepele soal gangguan tidur yang satu ini. Padahal, jika dibiarkan gangguan tidur satu ini dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan lainnya seperti stroke, obesitas, hipertensi, bahkan penyakit jantung. Insomnia juga sngat dipengaruhi oleh gaya hidup dan juga faktor usia. Semakin bertambahnya usia, maka akan semakin tinggi juga resiko mengalami insomnia. Insomnia ini disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah penjelasannya.

Penyebab Insomnia

3 Cara Ampuh Atasi Insomnia

Semua orang pasti sudah asing lagi dengan gangguan tidur yang satu ini. Hampir semua orang juga pernah merasakan insomnia. Namun penyakit yang satu ini sebenarnya sangatlah berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Insomnia juga bisa membuat penderitanya depresi dan cenderung lebih gelisah. Secara umum, insomnia biasa dialami penderitanya selama kurun waktu beberapa hari saja. Namun untuk beberapa kasus, insomnia juga bisa terjadi paling lama dua sampai tiga minggu. Gejala dari insomnia sendiri biasanya adalah kesulitan untuk tidur dengan nyenyak selama berhari hari. Biasanya penderitanya cenderung menganggap biasa dan mengabaikannya. Insomnia disebabkan oleh beberapa hal, berikut adalah penjelasan mengenai beberapa penyebab terjadinya insomnia.

  • Depresi

Ini juga menjadi salah satu penyebab insomnia yang paling sering dirasakan oleh para penderitanya. Insomnia bisa terjadi karena banyaknya masalah atau persoalan yang ada di dalam pikiran para penderitanya. Depresi juga bisa menjadi salah satu faktor sesorang dapat mengalami insomnia. Orang yang mengalami depresi cenderung membebankan masalahnya pada pikiran setiap waktunya. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan susah tidur atau insomnia karena otak tetap digunakan untuk berfikir dan tidak mendapat waktu istirahat yang baik.

  • Terlalu Banyak Konsumsi Kafein, Nikiotin, atau Alkohol

Banyak dari kita yang memilih mengerjakan tugas atau pekerjaannya di mlam hari karena memang waktu malam memang waktu yang tepat untuk fokus dan juga tenang. Oleh karena itu, kita biasa mengkonsumsi kopi atau juga menghisap beberapa batang rokok untuk sekedar menjadi teman saat kita mengerjakan pekerjaan kita. Kopi sendiri mengangdung kafein yang bisa menyebabkan seseorang yang mengonsumsinya terjaga untuk waktu yang lama. Sama halnya dengan rokok, kedua zat ini dapat menyebabkan kita sulit tidur dan akhirnya mengalami insomnia. Jadi tingkat insomnia bisa terindikasi dengan seringnya frekuensi kita mengkonsumsi kafein, nikotin, ataupun alkohol.

  • Faktor lingkungan

Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi terjadinya insomnia pada seseorang. Faktor tersebut antara lain keadaan kamar, suara yang terlalu bising, atau tidak nyamannya tempat tidur. Keadaan kamar yang terlalu terang juga bisa mempengaruhi seseorang menjadi sulit tidur atau insomnia.

3 Cara Ampuh Atasi Insomnia

Cara Ampuh Atasi Insomnia

Insomnia ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh dan memori otak. Penderitanya juga cenderung mengalami kegelisahan yang lebih sering dibandingkan dengan orang normal. Selain mengalami kegelisahan, penderita penyakit ini juga sering mengalami kagetan dan juga pikun. Beberapa hal tersebut disebabkan oleh kurangnya konsentrasi otak yang bersumber dari istirahat yang kurang cukup. Gangguan tidur yang satu ini juga dapat menyebabkan datangnya penyakit lain seperti obesitas dan penurunan daya ingat. Bagi anda yang sering mengalami gangguan tidur atau insomnia, berikut 3 cara ampuh untuk mengatasinya.

  • Konsumsi Buah Kiwi Secara Rutin

Buah kiwi kaya akan zat Melatonin yang merupakan zat kimia alami yang dapat membantu kita tertidur dengan pulas. Sebaiknya, makanlah 2 buah kiwi satu jam sebelum tidur karena nantinya zat melantonin akan bekerja lebih baik dan akan membuat tidur anda jauh lebih nyenyak. Konsumsilah buah ini secara rutin sekiranya sekitar empat minggu sampai insomnia yang anda alami mulai perlahan hilang. Jika anda tidak terlalu suka rasa asam yang terdapat dalam buah kiwi, maka anda bisa mencampurkannya dengan sedikit madu dan dijadikan jus. Anda juga bisa memadukannya dengan buah yang lain dengan catatatn porsi buah kiwinya harus lebih banyak daripada buah yang lain.

  • Letakkan Jauh Jauh Gadget Anda

Pastikan untuk menyingkirkan alat alat elktronik seperti handphone, MP3, laptop, dan yang lainnya. Karena selain membuat tidur anda tidak nyenyak, alat-alat ini juga memancarkan radiasi yang tidak hanya dapat mengganggu tidur tapi juga dapat merusak mata serta mempengaruhi daya kerja otak. Suara maupun gambar yang dihasilkan dari alat-alat tersebut dapat merangsang otak dan membuat anda sulit tertidur.

  • Lakukan Aktifitas Yang Membuat Mata dan Pikiran Lelah

Sebelum mulai tidur, anda bisa melakukan beberapa aktifias yang bisa membuat mata anda lelah dan kemudian mengantuk. Namun dengan catatan aktifitas yang dilakukan tidak berhubungan dengan gadget atau alat elektronik. Untuk membuat mata anda lelah, anda bisa membaca beberapa lembar buku yang anda miliki. Selain itu, jika tubuh anda tidak terlalu lelah maka lakukanlah beberapa kegiatan olahraga kecil seperti senam wajah. Mandi dengan air hangat sebelum tidur juga bisa dilakukan setelah anda menjalankan aktifitas tersebut. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh anda lebih rileks dan tidur akan lebih pulas.

Demikianlah pembahasan tentang 3 cara ampuh untuk mengatasi insomnia. 3 cara di atas dapat diterapkan bagi anda yang memiliki gangguan tidur dan insomnia. Semoga artikel kali ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta dapat menjadi solusi bagi anda yang sedang mengalami masalah gangguan tidur ini.